Monday, September 14, 2009

tugas akhir saya apa ya?

ga berasa tiba-tiba sudah harus menentukan judul tugas akhir padahal baru saja menyelesaikan tingkat 3 di Arsitektur ITB.
Dulu, dulu banget sudah ada rencana tugas akhir mau ngedesain apa tapi rencana judul judul tugas akhir yang udah gw pikirin dan ingin dikerjakan pas TA itu udah lupa semua, dan sekarang saatnya berpikir lagi : Tugas Akhir saya apa ya?

Rencana dan keinginan sih memang sudah ada, disesuaikan dengan kemampuan juga sudah dan tentunya minat.
Kalau teman-teman bilang, saya itu pasti ga jauh-jauh dari perancangan tipologi museum, yang nyeni-nyeni lah...
tapi memang betul, saya minatnya itu...

Namun sampai sekarang masih bingung juga, karena bagi saya, TA adalah sesuatu yang sakral.
Terlalu berlebihan?
tapi bagi saya memang seperti itulah TA, tugas akhir dari semua tugas yang saya kerjakan dari TPB sampai AR4000. saya ingin yang terbaik. do the best for final project.
termasuk judul tugas akhirnya.... harus 'the best' jg...

Akhirnya saatnya untuk mengumpulkan usulan judul tugas akhir.
entah dapat ilham atau bagaimana, di detik-detik terakhir saya tiba-tiba kepikiran sebuah judul tugas akhir.
namanya Papua Cultural Center. Yap, Papua!... kenapa Papua?
Papua itu unik dan akan memberikan tantangan tersendiri untuk TA.
selain itu banyak potensi Indonesia Timur yang masih dapat ditelusuri..
Hal lainnya adalah karena saya mengagumi Renzo Piano dengan TjiBao cultural center-nya.
hehehe

Saya juga menuliskan judul tugas akhir
Rumah Seni WS Rendra
yah, sastrawan yang baru saja berpulang kepada Tuhan YME ini benar-benar menginspirasi saya.
Sebuah bait puisi beliau yang selalu ada di kepala saya :

Apalah Artinya Kesenian
Bila terpisah dari derita lingkungan

Apalah Artinya berpikir
Bila terpisah dari masalah kehidupan

sangat inspiratif dan menginspirasi saya untuk merancang suatu wadah berkegiatan kesenian bagi seniman-seniman yang tak mengecap bangku pendidikan formal.
ya, golongan seniman-seniman yang dekat dengan Alm. Rendra.
Karena itu saya namakan Rumah Seni. Bukan Galeri atau Museum. karena Rumah adalah sesuatu yang dekat, akrab dengan kehidupan kita.


Judul TA sudah ada, tinggal mempertahankannya didepan dosen pembimbing.
Tetapi, sampai sekarang pun saya masih memilih milih lagi tugas akhir saya, masih bingung rupanya.
:D

any idea?


No comments: